Minggu, 05 Mei 2024

INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Tersobo Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen.     Bersama kita Bangun Desa Tersobo.  Melayani Sepenuh Hati Dengan Hati Hati dan Tidak Sesuka Hati.  Jam Pelayanan Hari Senin - Kamis (08.00 - 14.00) Jumat (08.00 - 11.00)

REHAB MAKAM KYAI SOBO DI DESA TERSOBO

REHAB MAKAM KYAI SOBO DI DESA TERSOBO

Berita Desa. Penamaan sebuah desa atau dusun tidak lah asal. Pastinya ada riwayat dan alasan khusus sehingga nama itu disematkan. Pemahaman terhadap makna nama sekaligus mengingatkan warga setempat agar tak melupakan asal usulnya termasuk Desa Tersobo.

Desa Tersobo yang terletak memanjang dijalur utama Kebumen - Purworejo ini juga memiliki asal asul dan riwayat khusus sehingga disebut Tersobo meskipun banyak dari warga yang belum tahu asal usul nama Tersobo itu sendiri. akan tetapi bagi masyarakat mengakui banyak sesepuh yang diyakini sebagai orang awal atau yang babat alas di Desa Tersobo.

Para sesepuh babat alas desa tersobo ini diantaranya Simbah Kyai Sobo, Nyai Daleman, Simbah Kertirogo, Mbah Macan Daeng, Simbah Gentasari, Simbah Thatit, Simbah Bendung dan dari nama nama tersebut makamnya tersebar disetiap Pedukuhan. Dari nama Simbah Kyai Sobo inilah masyarakat meyakini sebagai cikal bakal penamaan nama Tersobo yang kemudian resmi menjadi nama Desa.

Simbah Kyai Sobo ini disebutkan sebagai salah satu trah dari mataram dan makamnya ada di Dusun Tersobo Wetan rt 006 rw 001 yang pada hari Minggu (05-09-2021) kemarin dilakukan pemugaran dan perapihan makam oleh warga setempat sebagai wujud pengabdian dan penghormatan.

Dengan diadakannya rehab ini diharapkan kedepannya makam menjadi lebih terawat dan masyarakat leluasa untuk berziarah ke makam Kyai Sobo. 



 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2